Sunday 28 September 2014

Kasus Elisa Lam Re-Opened, Hipotesa dan Analisis.

Kasus Elisa Lam, Re-Opened.
Oleh : Conan Edogawa, Heiji Hattori, Shinichi Kudo


Elisa Lam, seorang mahasiswi dari Universitas British Colombia, Kanada ditemukan tewas dalam satu dari empat tangki air yang ada di atap sebuah hotel dalam keadaan bersih dari bekas luka, memar dan telah dinyatakan hilang selama 19 hari sebelumnya.

Elisa Lam. (google)
Polisi menutup kasus ini dan menyatakan bahwa Elisa Lam mengalami kecelakaan, atau Accidental Drowning pada tanggal 21 Juni 2013. Ditambah, pemeriksaan dari pihak kepolisian juga menemukan fakta bahwa mahasiswi berumur 21 tahun tersebut mengidap penyakit mental yang disebut Bipolar Disorder,  yaitu sebuah perubahan mood yang drastis secara tiba-tiba.

Pergi ke Los Angeles seorang diri, ia lalu check-in pada tanggal 26 Januari 2013 di sebuah hotel yang mempunyai riwayat kelam, hotel Cecil, Los Angeles.

Sebelum melanjutkan ke analisis dan hipotesa, penulis ingin menyampaikan rasa terima kasih secara langsung ke dua orang teman penulis yang tidak disebutkan namanya, panggil saja mereka Heiji Hattori atau Shinchi Kudo. Terima kasih, kawan !

Kembali ke kasus, Elisa Lam terakhir terlihat pada tanggal 31 Januari 2013, sebelum akhirnya dinyatakan hilang selama 19 hari oleh kepolisian.

Proses Evakuasi mayat Elisa Lam
13 Februari, Kepolisian Los Angeles menyebarkan sebuah rekaman video tentang dirinya kepada masyarakat luas, dengan alasan untuk membantu mencari Elisa Lam.

Naas, ia ditemukan dalam sebuah tangki air di atap Hotel Cecil 6 hari setelahnya. Dalam keadaan tak bernyawa dan tak mengenakan pakaian.

Dalam video rekaman yang disebarkan polisi, ia terlihat sedang berada di dalam lift dan bertingkah cukup aneh, menekan beberapa tombol sekaligus sambil mendekatkan kepalanya, lalu bersembunyi dipojok lift sambil bertingkah layaknya anak kecil yang sedang bermain petak umpet..



Jika anda telah melihat videonya, mari kita masuk kedalam inti kasus dan melakukan analisa.
Jika belum, alangkah baiknya anda menyaksikannya terlebih dahulu.

Dalam kasus ini, ada beberapa inti kasus yang kami ambil, yaitu :

Apa yang dilakukan dan/atau terjadi pada Elisa Lam dalam lift ?

Bagaimana cara dia masuk ke dalam tangki lift yang tertutup rapat ?, Dan yang terakhir..

Pembunuhan, atau, Bunuh Diri ?

Baiklah, kita sudah mendapat rumusan masalah/pertanyaan. Mari kita masuk ke bagian pembahasan.

Hotel Cecil, sebuah hotel angker yang terletak pada koordinat 34°02′39,04″LU 118°15′1,97″BT 
dibangun pada tahun 1927, Hotel tersebut lalu diperbarui setengah bagiannya pada tahun 2007 oleh pemilik barunya.


Hotel Cecil tampak luar. (google)

Tercatat memiliki tiga riwayat pembunuhan (termasuk kasus Elisa Lam) dan beberapa kasus bunuh diri, hotel ini juga pernah menjadi tempat tinggal sementara bagi Richard Ramirez, pembunuh berantai yang telah membunuh 14 orang. Dan, Jack Unterweger.

Sekarang, mari kita lihat bagian atas dari hotel Cecil, tempat mayat Elisa Lam ditemukan.

Tangki air hotel Cecil. (google)
Tangki air hotel Cecil, close-up. (google)


























Lihat pada kedua gambar tersebut, empat Tangki air berdempetan, akses pun hanya ada satu untuk menuju ke sana. Melalui sebuah pintu yang selalu tertutup dan terkunci.

Namun,  prinsip ini dipatahkan oleh sebuah video yang menayangkan bagaimana cara untuk naik keatap hotel tidak begitu sulit. Sayangnya, video youtube tersebut telah diubah menjadi video private. Penulis terlambat.

Tangki Air Elisa Lam ditemukan. (google)

Akan lebih banyak gambar yang kalian temukan di mesin pencarian terbesar internet, google. Penulis hanya mengambil beberapa gambar.

Setelah melihat dan mereview tempat kejadian perkara, Apa sudah waktunya kita memasuki bagian hipotesa dan analisa ?

Analisa dan Hipotesa dibawah ini adalah hasil dari pemikiran penulis dan teman-teman saja, hanya spekulasi sementara akibat terbatasnya dimensi ruang-waktu yang memungkinkan untuk pergi ke sana. Kami pun membuat analisa jarak jauh.

Dari salah satu blog misteri terkenal, Blog Enigma memberikan lima kemungkinan dari penyebab kejadian ini. Kami mengeliminasi beberapa kemungkinannya dan mempersempit wilayah analisa.

Salah satu kemungkinan yang kami eliminasi, adalah kemungkinan kecelakaan. Alasannya simple, yaitu

Tidak ada orang yang kecelakaan dan secara tidak sengaja masuk kedalam tangki air tanpa pakaian sedikitpun. Bipolar Disorder tidak akan merusak mental sejauh itu, Ia juga seorang mahasiswi yang berpendidikan. Akan sangat kecil peluangnya jika dia melepas semua bajunya dan bermain diatas tangki air yang selalu tertutup.

Kemungkinan lain yang kami eliminasi, adalah pembunuhan oleh Illuminati dan Hantu, alasan dari kami cukup logis untuk menentang kemungkinan ini, yaitu

Jika pembunuhan dilakukan oleh hantu, itu sangat mustahil, mengingat hantu tak mempunyai fisik dan sangat tidak mungkin membunuh manusia.
Jika pembunuhan dilakukan oleh Illuminati, mereka harusnya bisa membuat pembunuhan lebih rumit dan/atau lebih simple. Mereka tinggal membuat Elisa Lam seakan-akan bunuh diri dan kasus terpecahkan tanpa ada sangkut-pautnya dengan organisasi tersebut.

Tiga dari Lima kemungkinan telah kami eliminasi dengan pernyataan yang logis, jika ada pertanyaan, silahkan bertanya lewat kolom komentar dibawah post ini.

Tersisa dua kemungkinan lainnya yang tak kalah besar peluangnya. Pembunuhan, dan Bunuh Diri.

Dari kedua kemungkinan itu, kami berdiskusi ulang dan mereview kembali analisa masing-masing.

Anggaplah kegiatan bunuh diri memang terjadi, dan dilakukan didalam air. Mari kita berpikir menjadi dia, menggunakan sudut pandang orang pertama.

Bunuh diri, biasanya dilakukan karena depresi, ditambah penyakit mentalnya. tindakan ini bukan hal yang mustahil.

Lalu, jika anda sedang depresi dan berada diatas, atau diatap sebuah gedung yang tinggi, apa yang akan anda lakukan untuk mengakhiri hidup ? Memasuki sebuah tangki air dan menutupnya sehingga anda kehabisan oksigen dan kehabisan tenaga didalam sana, atau.. terjun dari ketinggian ?
Jadi, kami memutuskan untuk lebih condong ke kemungkinan keempat, Pembunuhan.

Maaf bang Enigma, kami memilih opini yang tidak anda pilih, dengan hormat.

Apa yang terjadi jika dia benar-benar dibunuh ?
Kami memecah kemungkinan ini menjadi beberapa analisa. Setiap analisa akan berhubungan dengan tindakan dan dimensi ruang-waktu.

Mungkin tersirat dibenak anda, siapakah pelakunya, jika pembunuhan dilakukan ? 


Jika pelakunya adalah orang yang tak dikenal, bisa jadi Elisa Lam merupakan target yang dipilih secara random atau acak oleh orang tersebut. Tentu saja, pembunuhnya pasti seorang psikopat.

Ditambah, riwayat hotel mengatakan bahwa disana beberapa kali terjadi pembunuhan, semua hipotesa dalam pertanyaan ini bisa terjawab.


Racun, itulah yang dimasukkan kedalam tubuh Elisa oleh si pembunuh.
Baik, anggap Elisa sedang mengalami masalah sehingga ia melakukan tindakan-tindakan aneh di lift, ia pun akhirnya memutuskan untuk pergi keatas hotel sejenak untuk menenangkan diri.

Namun, ia justru melihat si pelaku sedang melakukan tindakan-tindakan illegal, seperti mencoret-coret kaca jendela yang ada di bagian atas hotel tersebut seperti pada foto diatas.

Jika pelakunya adalah orang yang dikenal Elisa, maka pelaku bisa saja menggiring korban ke atap hotel, entah dengan cara seperti apa.

Lalu, apa yang dilakukan Elisa di lift semata-mata karena iseng untuk mengagetkan pelaku yang sudah dikenalnya.

Ia menekan tombol untuk naik ke lantai teratas di hotel tersebut dan menekan tombol "Hold Door" secara bersamaan.

Tapi, teman yang ditunggunya tak kunjung datang, ia sempat mengecek dengan cara tak labil, lalu bersembunyi, ada kemungkinan ia melihat seseorang yang dia kira temannya.

Akhirnya, ia pun menyerah dan keluar dari lift. Sementara temannya yang akan menjadi pelaku menaiki tangga darurat agar lolos dari kamera CCTV.
Dan diatas, terjadilah hal yang tak diingkan..
Pelaku lalu mencekoki Elisa dengan racun dosis rendah, tentu saja, tangannya menahan Elisa sehingga tak bisa kabur dan itulah alasan seluruh pakaian korban hilang. Karena pelaku telah mengambilnya karena ada sidik jari si pembunuh disana.
Lalu, bagaimana pelaku membunuh korban setelah korban pingsan ?
Kami bertiga setuju dengan hipotesa bang Enigma, pelaku memberikan racun dosis rendah, membuka penutup tangki, dan menjatuhkan tubuh korban dari atas seperti dalam metode seperti ini


Lalu, kenapa ia memasukkan tubuh Elisa Lam kedalam tangki air ? bukan meninggalkannya begitu saja disana ? Tergeletak tak bernyawa ?
Pelaku mengaburkan waktu kematian Elisa, suhu tubuh akan lebih cepat turun dan itulah caranya mengelabui polisi, ini mungkin bisa juga menjadi salah satu alasan mengapa seluruh pakaian korban dilepaskan.

Dan, karena racun yang diberikan hanya dalam dosis rendah, maka mayat yang lebih cepat membusuk akan tak teridentifikasi lagi jenis racun apa yang digunakannya, karena air membawa racun tersebut.
Bagaimana pelaku kabur setelah itu ? Bukankah tidak mungkin untuk menaiki lift dan koridor yang penuh CCTV ?
Apabila pelakunya adalah orang dari hotel tersebut, ia tentunya sudah hafal semua blind spot dari CCTV, dan itu yang membuatnya berhasil kabur.

Namun, apabila ia tidak hafal, maka ia pasti menuruni tangga darurat
 

Bagaimana ciri-ciri pelaku jika memang terjadi pembunuhan ?
Pertama, pelaku pasti berbadan besar. Butuh tenaga cukup banyak untuk membuka penutup tangki air. Kecuali jika pelakunya dua orang atau lebih.

Kedua, butuh cara cepat untuk kabur dari tempat itu dan mengisi alibinya sebelum mayat Elisa Lam ditemukan. Dia pasti mencari cara tercepat untuk kabur dari ketinggian, jika lewat lift, polisi dengan mudah mengidentifikasi pelaku dan kasus ini ditutup.
Lalu, cara seperti apa yang dilakukan oleh pelaku ?
Parkour. Pelaku pastilah bisa melakukannya meskipun sedikit-sedikit jika ia memang kabur dengan cara seperti ini. Kecepatan tangan, pikiran, refleks, dan pergerakan yang efisien dan secepat-cepatnya adalah prinsip utama dari kegiatan ini.

Meskipun tujuan dari parkour adalah untuk membantu seseorang, pelaku salah menggunakan keahlian ini. Maaf, penulis bukan menyindir atau menyerang atau melakukan pencemaran nama baik dengan kalian, para pecinta parkour.
Rintangan yang dilalui pelaku menurut kami. (google)




Cecil Hotel Rooftop View (google street view)
 Begitulah, kami mempunyai jawaban yang berbeda dari bang Enigma, bukankah perbedaan opini itu menyenangkan ?

Akhir kata, terima kasih sudah menyempatkan diri untuk membaca hipotesa dan analisa kami. Dan sekali lagi, kita biarkan waktu menjawabnya..




:)




9 comments:

  1. Hai penulis! Sedikit banyak penasaranku terobati setelah baca hipotesa anda. Sungguh masuk akal, thankyouuu

    ReplyDelete
  2. setuju dengan pembunuhan.. tetapi maaf.. untk hipotesa terkesan di ada ada..

    ReplyDelete
  3. analisis pertama
    bahasa tubuh EL.. saat memasuki lift, dia memencet beberapa tombol sekaligus dengan refleks. terkesan itu hal yang terbiasa dilakukan. kemudian ekspresi saat memasuki lift dan ketika pintu lift tidak tertutup. ada perubahan air muka saat pintu lift tidak tertutup.
    dari air muka bsa disimpulkan kalo ekspresi tersebut cenderung kepada penasaran ketimbang takut. akan tetapi EL sudah bisa mempredisikan siapa yang menekan tombol tersebut. saya fikir itu adalah orang yang dikenal oleh EL.
    pada akhirya EL keluar lift dengan sedikit ajakan untuk bergeser menghindar dari CCTV dan berada pada blind spot CCTV.
    kembali kepada bahasa tubuh, saat dia masuk kembali ke lift dengan kedua tangan diangkat keatas. bayangkan anda apabila sedang berdebat atau beradu mulut dengan orang terdekat anda. (sayang gerakan bibir tidak jelas untuk dibaca).
    sampai akhirnya orang kedua bisa membujuknya untuk kembali keluar dari lift. mungkin saja ajakan tersebut mengarahkan EL menuju "top roof".
    tidak dijelaskan secara gamblang mayat ditemukan secara telanjang atau masih berpakaian. tapi bila mayat telanjang, itu lebih mudah dijelaskan bila sebelumnya memang EL pergi ke top roof berpasangan.
    ada link youtube yang menggambarkan keadaan di cecilia hotel seperti apa. dan lorong/koridor kamar tidak terdapat CCTV. kalaupun ada, keadaan ruangan yang memungkinkan banyak blind spotnya.
    kemudian. kenapa video yang dirilis polisi setempat, dirilis setelah di edit?. (link video ada di komenyah blog enigma). ada video yang dipotong dan hilang hampir 54 detik.
    - kenapa EL ada di atas tangki air?
    pelaku yang mengajak EL untuk mengikutinya kesana. menegaskan apabila pelaku merupakan orag yang dikenal dekat oleh EL. karena tidak terdapat bekas pemaksaan, kekerasan pada tubuh EL.
    penegasan lain bahwa EL bersama orag lain pada waktu itu adalah dia orang yang intens berkomunikasi dengan keluarganya, dan berpegian tanpa seorang pun bersama nya serta menginap cukup lama. dengan kata lain, keluarganya tahu bahwa EL pergi dan akan bertemu seseorang di LA. hanya saja, saya tidak yakin EL memberitahu dengan siapa dia akan bertemu.
    clue lain.
    mengapa polisi hanya merilis rekaman yang berada di lift?
    saya yakin, lobby hotel tidak mungkin tidak menggunakan cctv walaupun koridor atau lorong kamar tidak menggunakan CCTV.

    sementara bahasan dari saya sekian bung, semoga berkenan

    ReplyDelete
  4. Menurut pandangan aku elisa dibunuh orang yang dia kenal.

    1. Mengapa lift tidak mau bekerja? Karena temannya diluar memencetnya.
    2. Elisa belum tahu kalau yang usil ini temannya, makanya dia liat kanan kiri
    3. temannya mungkin menakuti elisa sehingga elisa masuk lift
    4. Elisa menggertakan kaki( agar temannya keluar)
    5. elisa masuk lift lagi
    6. temannya mungkin mulai bersuara( ini aku)
    7. Elisa akhirnya keluar dan berbincang dgn temannya
    8. Temannya mengajak dia keatas tangki dgn modus tertentu.

    ReplyDelete
  5. Sblm bkn hipotesa panjang lebar.. tolong dikaji ulang soal EL yg mengalami pnyakit Bipolar Disorder..
    :)
    Coretan yg ada d atap gedung tu cman data dekunder untuk menunjukkan betapa mudahnya org bisa masuk k bagian tangki air.
    Juga kenyataan knpa dia melakukan perjalana sendirian k tmpat yang jauh. Trus pake beli oleh2 untuk kluarga. Mnrt saya sih org yg pnya niat bnh diri g akan melakukan sesuatu seperti itu. Ditambah.. EL tdak ditemukan dlm kondisi naked loh.. itu hanya salah informasi dan itu pun sudah diralat. Saya setuju perbedaan pendapat itu menarik, hanya saja klau lebih rasional pasti akan ada nilai lebihnya..
    Iye kan
    XD

    ReplyDelete
  6. Kemungkinan ada terkaitan pihak hotel. Menjadikan nya tumbal ato seorg psikopat bermukim di hotel itu.

    ReplyDelete
  7. tapi ada yg mengganjal gitu deh.. coba liat lagi viedonya lupa detik keberapa tpi dia pas keluar lift tuh abis dia melompat trus kayak ada yg nyuruh dia bergeser sedikit karna pas direkaman abis dia meloncat di kyak bergeser satu demi satu langkah ky ad yg nyuruh.. bgini nih ilustrasi nya :
    (pas elisa loncat)
    pelaku : eh cba kmu geser sedikit
    elisa lam : (bergeser satu langkah)
    pelaku : terus lagi
    elisa lam : ini udh kna?
    dan seterusnya pas dia kyk berbincang dgn seseorang..
    wkwkwk tpi gk tau jga si, tpi pendapat org" kan brbeda" ehhehe```

    ReplyDelete