Sunday 16 August 2015

Foto penampakan di Antasari. Hoax ?

Foto penampakan di Antasari. Hoax ?
Oleh : Kanzia Rahman



Foto diatas sempat ramai menghiasi social media negara kita beberapa waktu lalu. Sang pengupload foto memberikan caption berupa peringatan untuk berhati-hati jika melewati jalanan antasari setelah jam 1 malam dan menambahkan bahwa foto tersebut didapatnya dari kamera handphone seorang temannya.


Dari keterangan dapat kita lihat bahwa seorang temannya sedang berada dalam perjalanan pada pukul 1.45 pagi dari Cipete. Saat di perempatan Antasari Kemang, ia melihat serpihan rambut merambat pelan-pelan kebawah dari atas kaca depan kendaraan (yang bisa kita pastikan adalah mobil). Dikiranya rating pohon, namun karena lama kelamaan makin tebal, ia pun sadar bahwa itu adalah rambut.

Ia segera menyalakan kamera handphonenya dan mengambil gambar. Setelah difoto, rambutnya mendadak hilang!, dan hasil yang dilihat adalah foto diatas. Tak ada kendaraan lain di kiri dan kanan, ia langsung menjalankan mobilnya sambil membaca ayat kursi.

Kira-kira begitulah narasi kejadian yang menyeramkan tersebut. Sebelum lebih jauh, kejadian seperti itu akan sangat menakutkan dan menegangkan apabila benar-benar terjadi, terlepas dari benar atau tidaknya.

Hem. Jika kita melihat kedalam foto itu lebih jelas, wajah penampakan tersebut sangat jelas, seperti muka yang berada didalam mobil itu sendiri.

Kedua, dan yang paling meyakinkan adalah, reflek sang pengendara mobil yang melihat 'rambut', namun segera mengambil gambar, bukan kabur atau setidaknya, melupakan handphone.

Setelah membaca keterangan diatas, saya sama sekali tidak berpikir tentang makhluk halus. Tetapi malah sebuah game buatan anak Indonesia. Ya! DreadOut!

Image result for Dreadout


Sekilas dilihat narasi diatas memiliki kesamaan dengan game ini, yaitu adalah saat kamera mengambil gambar, dapat sekali atau lebih. Sang antagonis (yang dalam game ini berupa setan atau dedemit seperti kuntilanak, pocong) maka akan hilang. Anda bisa melihat sendiri gameplay dari game DreadOut ini di YouTube.

Dan yang terakhir, foto ini sama persis dengan foto sebuah akun twitter @aueztuch494


Dari twitter tersebut saya mendapatkan sebuah akun ask.fm dengan nama Aue Naut


Thailand. Saya juga berhasil menemukan di salah satu grup facebook bahwa foto itu adalah salah satu adegan dari film horror asal Thailand. Shutter.

Yak. Dengan ditemukannya beberapa fakta diatas, maka saya bisa mengatakan bahwa foto tersebut hoax dan bukan asli, kendati begitu, saya harap kita semua tetap berhati-hati dijalan dan jangan lupa berdoa. Selamat Malam, Indonesia.


4 comments: