Wednesday 24 September 2014

Penjelasan tentang Gravitational Time Dilation

Penjelasan tentang Gravitational Time Dilation
Oleh : Kanzia Rahman


Membuka kembali blog lama yang sudah hampir berbulan-bulan tidak saya update. Saya kembali dengan penjelasan mengenai gravitational time dilation, sebuah dilasi waktu yang terjadi akibat adanya gravitasi.Tentu saja, teori ini masih berkaitan dengan teori terkenal dari Albert Einstein, teori relativitas.

Ilustrasi perjalanan waktu

Jika berbicara tentang perjalanan waktu, apa yang ada dibenak anda ? Sebuah mesin yang membawa anda menuju ribuan tahun didepan, atau sebuah pesawat dengan kecepatan supersonic yang menembus galaksi menuju dimensi lain ? Kira-kira begitulah yang ada di pikiran anda, terlebih, adanya tambahan ilustrasi diatas makin membuat anda terpengaruh dengan pikiran-pikiran tersebut..

Namun, mari kita mengesampingkan pikiran tersebut terlebih dahulu, teori yang kali ini akan dibahas adalah teori mengenai 'time travel' yang diakibatkan oleh adanya gravitasi, dan jauh lebih realistis dibanding percobaan perjalanan waktu lainnya. Percaya ?

Lalu, bagaimana dan apa yang dimaksud dengan gravitasi ? Sebuah magnet super-besar yang menarik kebawah atau ke bagian dalam bumi ?


Menurut teori relativitas umum Einstein, gravitasi adalah kelengkungan yang terjadi akibat adanya kelengkungan antara bidang dimensi ruang-waktu, dan massa bumi, dan setiap objek yang ada di ruang hampa akan selalu bergerak lurus dengan kecepatan tetap sehingga objek yang berada di wilayah lengkungan gravitasi akan menjadi bergerak mengikuti arah lengkungan

Gravitasi sendiri dapat merubah arah cahaya, dan, karena kecepatan cahaya selalu sama, maka artinya gravitasi juga mampu mempengaruhi kecepatan waktu, maka berarti :
Objek yang berada semakin dekat dengan pusat gravitasi, maka waktu ditempat tersebut akan berjalan semakin lambat dan begitu pula sebaliknya. Perbedaan waktu ini disebut dengan Gravitational Time Dilation.

Maka, kita simpulkan begini, objek yang berada semakin dekat dengan pusat gravitasi atau di dataran terendah, akan berjalan lambat waktu di daerah tersebut. Sementara, objek yang berada jauh dari pusat gravitasi, waktu akan berjalan semakin cepat dibanding yang berada di dataran rendah.

Dan dari teori inilah timbul sebuah streotype atau mitos yang mengatakan bahwa,
"Jangan tinggal di apartemen atau gedung yang tinggi-tinggi, nanti cepat tua"
Teori ini nyata dan telah diterapkan di satelit GPS akhir-akhir ini, cukup logis bukan ?
Akhir kata, terima kasih telah menyimak penjelasan singkat tentang gravitational time dilation, maaf jika ada salah-salah kata atau ketik. Wassalam !


(Kaskus)
(Wikipedia)

No comments:

Post a Comment